Pengertian Sistem Operasi


Sistem Operasi adalah suatu program (bahasa komputer) yang digunakan untuk mengoperasikan komputer, misalnya: DOS, MS_DOS, UNIX, WINDOWS dan sebagainya.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi sebagai modul dasar yang menjembatani dan untuk mempermudah pemakaian komputer dalam hal pengkodean antara pemakai dengan komputer. Adapun fungsi sistem operasi adalah:

1. Contol Program
• Mengatur dan mengendalikan sumber-sumber beserta seluruh operasi sebuah sistem komputer
• Mengatur dan mengendalikan peralatan-peralatan yang dihubungkan (I/O devices) pada komputer
• Mengatur penyimpanan dan pengembalian data dan program pada media penyimpan.

2. Servis Program
Memberikan servis terhadap pemakai untuk pengoperasian program-program tertentu berdasarkan sistem operasi yang digunakan.

Sistem Operasi DISK (DOS)

Salah satu perangkat lunak adalah sistem operasi (operating sistem). Sistem Operasi adalah suatu program (bahasa yang tersusun) untuk mengoperasikan sebuah PC (Personal Computer) agar komputer dapat semaksimal mungkin digunakan.
Sebagai servis program, sistem operasi menjadi landasan bagi pengaktifan program aplikasi.
Sebagian program pengendali ini telah tersimpan dalam ROM komputer dan sebagian lagi disimpan dalam media luar (disket, hardisk).
Program pengendali ini berfungsi untuk mengelola memory komputer agar data dan program yang tersimpan di dalamnya terorganisasi dan ditempatkan pada posisi yang benar.
Program ini juga mengawasi peralatan INPUT maupun peralatan OUTPUT. Control program akan memberikan keterangan kepada pemakai komputer, bila peralatan-peralatan tidak berfungsi dengan baik atau tidak dapat digunakan.
Program pengendali juga mengelola alat pengolah atau processor yang terdapat dalam CPU agar CPU dapat bekerja dengan efektif.
Sebelum komputer digunakan untuk menjalankan suatu program aplikasi, terlebih dahulu memori komputer harus dimuat dengan sistem operasi yang ada di DOS.
Waktu pertama kali komputer dihidupkan atau booting (reset), maka program pengendali yang ada di ROM, akan memanggil sistem operasi yang tersimpan di didiskette dan memuatnya ke memory komputer.
Pada MS-DOS atau PC-DOS, program yang dimuat itu adalah COMMAND.COM, IBMBIO.COM dan IBMDOS.COM. Dua file yang terakhir ini merupakan file-file yang tersembunyi tidak nampak dan direktori.


Bagian-bagian Sistem PC-DOS


Boot Record : Kumpulan instruksi yang tersimpan di dalam track 0, sector 1 pada media perekam (hardisk/diskete).
IBMBIO.COM : Program untuk mengelola peralatan Input/Output seperti keyboard, monitor, printer dan sebagainya.
IBMDOS.COM : Program untuk mengelola peralatan penyimpan magnetis (diskete atau hardisk). Program ini akan menangani perpindahan informasi ke dan dari disket.
COMMAND.COM : Program untuk mendeteksi instruksi-intruksi internal, menangani gangguan/interupsi, mendeteksi file AUTOEXEC.BAT.

Jenis-jenis Sistem Operasi Disk

Sistem operasi mempunyai tugas untuk mengatur kerja komputer secara mendasar,
Download komplit gratis.

0 comments on Pengertian Sistem Operasi :

Post a Comment

free counters